1. Sebuah metodologi riset yang terstruktur, bersifat deskriptif dan kausal, berdasarkan pada jumlah sampel yang besar yang mewakili fakta dan perkiraan terhadap suatu hubungan, disebut riset…
A. Verifikatif
B.
Kuantitatif
C. Deskriptif
D. Kualitatif
2. Penetapan riset pemasaran bertujuan untuk mengetahui faktor kecuali…
A. Conative
B.
Agresif
C. Afektif
D. Kognitif
3. Kode Unit : M.702090.011.01 memiliki deskripsi unit yaitu…
A. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam merencanakan riset terhadap sebuah merek.
B.
Unit
ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang
dibutuhkan dalam melaksanakan event (bagian dari komunikasi merek)
C. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengolah data riset
D. Unit kompetensi mewujudkan kepuasan pelanggan memiliki obyektif utama agar peserta pelatihan mampu mewujudkan kepuasan pelanggan yang terdiri dari bagaimana menggali kebutuhan layanan, mempersiapkan pelaksanaan layanan dan melaksanakan layanan prima
4. Penetapan riset pemasaran bertujuan untuk mengetahui heart share dengan berfokus pada apa alasan dari pelanggan memilih atau membeli suatu produk disebut…
A. Afektif
B. Conative
C. Kognitif
D.
Agresif
5. Yang bukan kriteria unjuk kerja pada Kode Unit : M.702090.009.01 adalah…
A. Metode riset ditetapkan
B. Masalah diidentifikasi
C.
Data
dalam instrumen riset dipindahkan ke alat pengolah data
D. Tujuan riset ditentukan
6. Kode Unit : M.702090.011.01 memiliki elemen kompetensi kecuali…
A. Menangani acara pada event
B. Merencanakan event
C. Mengevaluasi penyelenggaraan event
D. Menganalisa data risk
7. Yang bukan piranti lunak (software) untuk mengolah data…
A. Linux open source
B.
Calculator
C. Microsoft Office Excel
D. SPSS
8. Kode Unit : M.702090.011.01 memiliki elemen kompetensi merencanakan event adapun kriteria unjuk kerja kecuali…
A.
Umpan
balik terhadap pelaksanaan event diidentifikasi
B. Tujuan event ditetapkan
C. Aspek biaya dianggarkan
D. Term of Reference (TOR) disusun
9. Sebuah metodologi riset yang tidak terstuktur, bersifat eksploratif, berdasarkan pada jumlah sampel yang kecil yang memberikan wawasan dan pemahaman terhadap suatu masalah, disebut riset…
A.
Kualitatif
B. Kuantitatif
C. Verifikatif
D. Deskriptif
10. Kode Unit : M.702090.010.01 memiliki deskripsi unit yaitu…
A.
Unit
ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang
dibutuhkan dalam mengolah data riset
B. Unit kompetensi mewujudkan kepuasan pelanggan memiliki obyektif utama agar peserta pelatihan mampu mewujudkan kepuasan pelanggan yang terdiri dari bagaimana menggali kebutuhan layanan, mempersiapkan pelaksanaan layanan dan melaksanakan layanan prima
C. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam merencanakan riset terhadap sebuah merek.
D. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan event (bagian dari komunikasi merek)
11. Yang bukan kriteria unjuk kerja pada elemen kompetensi menginput data riset dan Menganalisa data riset yaitu…
A. Data yang telah diinput diolah sesuai dengan ketentuan pengolahan data
B. Data dimasukkan ke dalam area riset yang dimaksud menganalisa data riset
C.
Tolok
ukur untuk mengevaluasi performa event dianalisa
D. Data dalam instrumen riset dipindahkan ke alat pengolah data
12. Pada Unit Kerja M.702090.010.01 untuk bisa menerapkan unit kompetensi ini, unit kompetensi yang harus dikuasai yaitu kecuali…
A. Melaksanakan komunikasi efektif
B. Merencanakan riset terhadap sebuah merek
C. Melaksanakan penulisan bisnis (business writing)
D.
Mengolah data riset
13. Undang-undang tentang perlindungan konsumen nomor…
A. Nomor 8 Tahun 2000
B. Nomor 9 Tahun 1999
C. Nomor 9 Tahun 2000
D.
Nomor
8 Tahun 1999
14. Kode Unit : M.702090.009.01 memiliki deskripsi unit yaitu…
A. Unit kompetensi mewujudkan kepuasan pelanggan memiliki obyektif utama agar peserta pelatihan mampu mewujudkan kepuasan pelanggan yang terdiri dari bagaimana menggali kebutuhan layanan, mempersiapkan pelaksanaan layanan dan melaksanakan layanan prima
B. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan event (bagian dari komunikasi merek)
C.
Unit
ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang
dibutuhkan dalam merencanakan riset terhadap sebuah merek.
D. Unit ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengolah data riset
15. Penetapan riset pemasaran bertujuan untuk mengetahui market share dengan berfokus pada apa perilaku yang jelas dari pelanggan disebut…
A. Kognitif
B. Agresif
C. Afektif
D.
Conative
16. Contoh instrumen penelitian kecuali…
A. Observasi
B. Wawancara
C.
Berkunjung
D. Kuesioner
17. Berdasarkan Suryabrata (2000), pertimbangan pemilihan masalah ini dapat dilakukan dengan 2 arah yaitu…
A. Dari arah masalahnya, arah penelitinya
B. Dari arah penelitinya, arah konsumen
C. Dari arah penelitinya, arah perusahaan
D. Dari arah masalahnya, arah konsumen
18. Apa yang dimaksud dengan metode metode Eksperimen...
A. Riset menghendaki suatu kajian yang rinci, mendalam, menyeluruh atas obyek tertentu yang biasanya relatif kecil selama kurun waktu tertentu, termasuk lingkungannya.
B. Riset yang diadakan untuk memperoleh fakta tentang gejala atas permasalahan yang timbul, kajiannya sampai pada tahap menyelidiki mengapa gejala tersebut ada serta menganalisis hubungan atas gejala tersebut.
C. Riset yang ditujukan untuk melihat suatu kondisi tertentu yang akan datang dengan melakukan proyeksi atau ramalan (forecasting).
D.
Riset
yang membutuhkan langkah yang lengkap sebelum eksperimen dilakukan supaya data
yang diperlukan dapat diperoleh, yang hasilnya nanti dapat mengarahkan peneliti
pada analisis yang obyektif.
19. Menurut Suryabrata (2000) beberapa kesalahan yang terjadi dalam memilih permasalahan penelitian antara lain…
A. Permasalahan yang akan dipecahkan sesuai dengan kemampuan peneliti baik dalam penguasaan teori, waktu, tenaga dan dana.
B. Permasalahan yang akan dipecahkan sesuai dengan faktor-faktor pendukung yang ada.
C.
Permasalahan
penelitian tidak diambil dari akar masalah yang sesungguhnya
D. Permasalahan penelitian diambil dari akar masalah yang sesungguhnya
20. Menurut Notohadiprawiro (2006), beberapa pertimbangan dalam pemilihan masalah diuraikan menjadi 3 hal yaitu pertimbangan ilmiah terdiri dari…
A. Apa manfaat hasil penelitian bagi kepentingan praktis atau masyarakat?
B. Apakah masalah terlalu peka untuk diteliti?
C. Apa manfaat hasil penelitian bagi kepentingan praktis atau masyarakat?
D.
Apakah
masalah tersebut dapat diteliti secara ilmiah?
21. Apa yang dimaksud dengan metode metode Kecenderungan (Trend)...
A.
Riset
yang ditujukan untuk melihat suatu kondisi tertentu yang akan datang dengan
melakukan proyeksi atau ramalan (forecasting).
B. Riset yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel yang berbeda dalam suatu populasi.
C. Riset menghendaki suatu kajian yang rinci, mendalam, menyeluruh atas obyek tertentu yang biasanya relatif kecil selama kurun waktu tertentu, termasuk lingkungannya.
D. Riset yang diadakan untuk memperoleh fakta tentang gejala atas permasalahan yang timbul, kajiannya sampai pada tahap menyelidiki mengapa gejala tersebut ada serta menganalisis hubungan atas gejala tersebut.
22. Apa yang dimaksud dengan metode metode studi kasus...
A. Riset yang diadakan untuk memperoleh fakta tentang gejala atas permasalahan yang timbul, kajiannya sampai pada tahap menyelidiki mengapa gejala tersebut ada serta menganalisis hubungan atas gejala tersebut.
B. Riset yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel yang berbeda dalam suatu populasi.
C. Riset yang ditujukan untuk melihat suatu kondisi tertentu yang akan datang dengan melakukan proyeksi atau ramalan (forecasting).
D.
Riset
menghendaki suatu kajian yang rinci, mendalam, menyeluruh atas obyek tertentu
yang biasanya relatif kecil selama kurun waktu tertentu, termasuk
lingkungannya.
23. Berikut merupakan keterampilan atau kriteria unjuk kerja yang harus dikuasai dari masing-masing obyektif yaitu menentukan tujuan dan metode riset terdiri dari kecuali……
A. Menentukan tujuan riset
B. Menetapkan metode rise
C. Mengidentifikasi Masalah
D.
Menyusun
instrumen pengumpulan data sesuai tujuan riset
24. Yang bukan ciri utama permasalahan yang baik yaitu…
A. Fisible
B. Kompleks
C. Mempunyai nilai penelitian
D. Sesuai dengan kualifikasi peneliti
25. Permasalahan dalam penelitian yang baik yaitu kecuali…
A. Bermanfaat
B. Fisibel/dapat dipecahkan (konkrit)
C. Dapat dilaksanakan yang meliputi kemampuan teori dari peneliti
D.
General
mengenai tidak spesifik ruang lingkup pembahasannya
26. Apa yang dimaksud dengan metode metode Korelasional (Correlational Study)...
A.
Riset
yang dirancang untuk menentukan tingkat hubungan variabel yang berbeda dalam
suatu populasi.
B. Riset yang ditujukan untuk melihat suatu kondisi tertentu yang akan datang dengan melakukan proyeksi atau ramalan (forecasting).
C. Riset yang diadakan untuk memperoleh fakta tentang gejala atas permasalahan yang timbul, kajiannya sampai pada tahap menyelidiki mengapa gejala tersebut ada serta menganalisis hubungan atas gejala tersebut.
D. Riset menghendaki suatu kajian yang rinci, mendalam, menyeluruh atas obyek tertentu yang biasanya relatif kecil selama kurun waktu tertentu, termasuk lingkungannya.
27. Berdasarkan Suryabrata (2000), menurut tujuannya maka penelitian dikategorikan Experimental studies yaitu…
A. Untuk mendapatakan data peramalan sebagai dasar perencanaan. Tujuan Penelitian ini bersifat prediktif.
B. Suatu fenomena atau mencari hubungan-hubungan baru (new relationship), agar bisa merumuskan persoalan penelitian lebih tepat lagi dan dapat pula untuk menentukan hipoteis.
C.
Untuk
menguji hipotesis-hipotesis tentang adanya hubungan antara variable-variabel
dalam upaya untuk mengetahui sebab akibat.
D. Untuk mengetahui atau memperoleh gambaran tentang sesuatu dengan jelas. Menguraikan karakerustik atau sifat-sifat dari suatu keadaan.
28. Kategori sampling dibagi menjadi probability sampling dan non probability sampling, apa yang dimaksud dengan probability sampling…
A.
Pengambilan
sampel yang menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur populasi dipilih sebagai
anggota sampel.
B. Pengambilan populasi yang menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur sampel dipilih sebagai anggota sampel.
C. Proses pengambilan sampel yang tidak menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur populasi dipilih sebagai anggota sampel
D. Proses pengambilan populasi yang tidak menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur sampel dipilih sebagai anggota sampel
29. Berdasarkan Suryabrata (2000), menurut tujuannya maka penelitian dikategorikan Forecast study (studi peramalan) yaitu…
A.
Untuk
mendapatakan data peramalan sebagai dasar perencanaan. Tujuan Penelitian ini
bersifat prediktif.
B. Untuk menguji hipotesis-hipotesis tentang adanya hubungan antara variable-variabel dalam upaya untuk mengetahui sebab akibat.
C. Suatu fenomena atau mencari hubungan-hubungan baru (new relationship), agar bisa merumuskan persoalan penelitian lebih tepat lagi dan dapat pula untuk menentukan hipoteis.
D. Untuk mengetahui atau memperoleh gambaran tentang sesuatu dengan jelas. Menguraikan karakerustik atau sifat-sifat dari suatu keadaan.
30. Alat pengumpulan data dengan penelitian kuantitatif karena data yang diberikan kepada informan adalah data yang ada jawaban terbuka dan tertutup merupakan pemahaman dari…
A. Observasi
B.
Kuesioner
C. Wawancara
D. Berkunjung
31. Kelompok yang anggotanya heterogen ditentukan dulu, kemudian dipilih secara acak dari tiap kelompok semua anggota dari tiap keompok yang dipilih secara acak dipelajari merupakan definisi dari…
A. Systematic sampling
B. Stratified Random
C.
Cluster
Sampling
D. Simple random sampling
32. Sample random sampling, systematic sampling, stratified random sampling, cluster sampling, area sampling dan duble sampling merupakan contoh dari…
A.
Probability
Sampling
B. Non Probability Sampling
C. Judgement Sampling
D. Canvebience Sampling
33. Menurut Umar (2002) dalam melakukan riset harus dirumuskan terdahulu permasalahan utama yaitu kecuali...
A. Riset ditujukan untuk menjawab pertanyaan riset, jadi tidak boleh menyimpang
B. Riset yang akan dilakukan harus mengikuti metode ilmiah agar hasilnya ilmiah
C.
Riset
tidak sesuai dengan sumber daya yang tersedia
D. Pemahaman atas seberapa luas dan dalam kajian yang akan dilakukan
34. Yang bukan sumber masalah yang dapat dijadikan sebagai topic research adalah…
A.
Pengalaman
pribadi diri sendiri
B. Dosen atau ahli riset
C. Penelitian Observasi
D. Diskusi-diskusi
35. Subyek dipilih yang paling mudah ditemui dari kelompok yang ditargetkan berdasar jumlah kuota yang telah ditentukan sebelumnya merupakan definisi dari…
A. Judgment Sampling
B. Quota Sampling
C. Convenience Sampling
D. Snowball Sampling
36. Seluruh elemen dalam populasi diperhitungkan dan tiap elemen mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai objek merupakan definisi dari…
A. Stratified Random
B.
Systematic
sampling
C. Simple random sampling
D. Cluster Sampling
37. Memilih unit yang karakteristiknya jarang, unit selanjutnya ditunjukkan responden sebelumnya merupakan definisi dari…
A. Quota Sampling
B. Convenience Sampling
C. Judgment Sampling
D. Snowball Sampling
38. Kategori sampling dibagi menjadi probability sampling dan non probability sampling, apa yang dimaksud dengan non probability sampling…
A. Pengambilan populasi yang menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur sampel dipilih sebagai anggota sampel.
B. Proses pengambilan populasi yang tidak menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur sampel dipilih sebagai anggota sampel
C. Pengambilan sampel yang menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur populasi dipilih sebagai anggota sampel.
D.
Proses
pengambilan sampel yang tidak menjamin adanya peluang bahwa setiap unsur populasi
dipilih sebagai anggota sampel
39. Canvebience sampling, judgement sampling, quota sampling dan snowball sampling merupakan contoh dari…
A. Cluster Sampling
B. Probability Sampling
C.
Non
Probability Sampling
D. Systematic Sampling
40. Alat untuk mengukur sikap, nilai, minat, bakat, perhatian, motivasi, yang disusun dalam bentuk pernyataan untuk dinilai responden dan hasilnya dalam bentuk rentangan nilai angka sesuai dengan kriteria yang dibuat oleh peneliti. Proses inilah yang disebut…
A. Kuesioner atau Angket
B.
Skala
Pengukuran
C. Menginput Data
D. Dokumentasi
41. Berikut merupakan keterampilan atau kriteria unjuk kerja yang harus dikuasai dari masing-masing obyektif yaitu menentukan tujuan dan metode riset terdiri dari kecuali……
A.
Menyusun
instrumen pengumpulan data sesuai tujuan riset
B. Menetapkan metode riset
C. Mengidentifikasi Masalah
D. Menentukan tujuan riset
42. Coding sebagai pengorganisasian data mentah secara sistimatis ke dalam format yang dapat dibaca. Kegiatan ini dilakukan oleh peneliti untuk memudahkan reduksi data, analisis, penyimpanan dan penyebaran data serta memudahkan membuat perbandingan antar jawaban responden merupakan definisi coding menurut…
A. Ibnu Hajar
B. Suharsimi Arikunto
C.
Neuman
D. Sarantakos
43. Customer Dissatisfaction Index (CDI) merupakan…
A. Indeks harapan pelanggan diukur dengan metode Bottom Three Box pada skala likert 6, termasuk penilaian terhadap kompetitor.
B. Indeks kepuasan pelanggan diukur dengan metode Bottom Three Box pada skala likert 6, termasuk penilaian terhadap kompetitor.
C. Indeks keinginan pelanggan diukur dengan metode Bottom Three Box pada skala likert 6, termasuk penilaian terhadap kompetitor.
D.
Indeks
ketidakpuasan pelanggan diukur dengan metode Bottom Three Box pada skala likert
6, termasuk penilaian terhadap kompetitor.
44. Customer Satisfaction Index (CSI) merupakan…
A. Indeks untuk menentukan tingkat keinginan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut produk atau jasa yang diukur.
B. Indeks untuk menentukan tingkat kebutuhan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut produk atau jasa yang diukur.
C. Indeks untuk menentukan tingkat harapan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut produk atau jasa yang diukur.
D.
Indeks
untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan
yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut produk atau jasa
yang diukur.
45. Dari beberapa referensi tentang metode penelitian ilmiah, ada langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam proses pengolahan data antara lain kecuali…
A. Penyebaran kuesioner
B. Editing
C. Membuat tabulasi data
D. Mengkode data atau kodefikasi data
46. Data riset dapat diinput atau dimasukkan ke beberapa alternatif pengelola data, antara lain menggunakan aplikasi kecuali…
A. SPSS
B. Stata
C. MS Excel
D.
MS
Word
47. Data yang berkaitan dengan jumlah atau kuantitas yang dapat dihitung atau disimbolkan dengan ukuran-ukuran kuantitas merupakan definisi…
A. Data nominal
B.
Data Kuantitatif
C. Data primer
D. Data Kualitatif
48. Data yang berkaitan dengan nilai kualitas seperti sangat baik, baik, sedang, cukup, kurang dan lain-lain merupakan definisi…
A. Data primer
B.
Data
Kualitatif
C. Data Kuantitatif
D. Data nominal
49. Memanipulasi data sehingga menjadi lebih baik sesuai harapan peneliti. Arti kata memanipulasi jangan ditafsirkan sebagai kata yang negatif. Memanipulasi disini bisa seperti merubah tata letak, cara penulisan, susunan paragraf, maupun merubah kata-kata yang kurang baik menjadi baik. Proses inilah yang disebut…
A. Membuat tabulasi data
B. Penyebaran kuesioner
C. Mengkode data atau kodefikasi data
D. Editing
50. Proses pemidahan data dari fisik menjadi data digital yang dapat diolah oleh software. Yang dimaksud data fisik adalah data yang ada di dokumen-dokumen kertas ataupun catatan lainnya. Data tersebut akan diketik dan dimasukkan ke dalam dokumen digital di komputer. Proses inilah yang disebut…
A. Kuesioner atau Angket
B. Skala Pengukuran
C. Dokumentasi
D.
Menginput
Data
51. Rumus regresi linear sederhana sebagai berikut Y’ = a + bX, b pada rumus merupakan…
A. Variabel dependen (nilai yang diprediksikan)
B.
Koefisien
regresi (nilai peningkatan ataupun penurunan)
C. Variabel independen
D. Konstanta
52. Suatu bentuk pengabadian, arsip ataupun barang-barang peninggalan yang diabadikan. Untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitian, seperti literatur buku-buku yang relevan, majalah, laporan kegiatan, catatan harian, notulen rapat, dan beberapa dokumen yang berkaitan dengan penelitian disebut…
A.
Dokumentasi
B. Kuesioner atau Angket
C. Skala Pengukuran
D. Menginput Data
53. Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah variabel independen (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (Y) merupakan uji…
A. Uji Determinan
B. Uji Validitas
C. Uji F
D.
Uji t
54. Untuk memenuhi normalitas jika hasil uji tidak signifikan untuk suatu taraf signifikasi (a) biasanya…
A. a = 0,25
B.
a =
0,05
C. a = 0,5
D. a = 0,025
55. Yang bukan jenis-jenis instrumen riset…
A. Skala Pengukuran
B. Dokumentasi
C. Menginput Data
D.
Brosur
56. Tujuan diselenggarkannya sebuah event diantaranya loyalitas konsumen yaitu event untuk konsumen, membangun kebanggan dan motivasi kerja yaitu event untuk karyawan, membangun dukungan komunitas atau masyarakat luas, merupakan tujuan event…
A. Tujuan perayaan
B. Tujuan pendidikan
C.
Tujuan
pemasaran
D. Tujuan khusus
57. Yang bukan metode promosi (Promotion Mix) adalah…
A. Penjualan pribadi / Kewiraniagaan
B.
Pemasaran
tidak langsung
C. Promosi Penjualan
D. Hubungan Masyarakat / Publisitas
58. TOR dapat diartikan sebagai dokumen yang menjelaskan berbagai hal penting tentang suatu pekerjaan atau kegiatan yang akan dilakukan, seperti halnya latar belakang kegiatan dilakukan, tujuan, manfaat, luaran, ruang lingkup, kebutuhan perlengkapan, jadwal, biaya, dan seterusnya. Manfaat dari adanya TOR, antara lain kecuali…
A. Sebagai acuan dalam pengalokasian anggaran
B. Sebagai pedoman dalam melaksanakan sebuah kegiatan
C. Sebagai alat pengendalian atas kegiatan yang akan dilakukan
D.
Sebagai
evaluasi kinerja kegiatan
59. Jenis event berdasarkan kategori special event kecuali…
A. Personal Event
B. Cultural Event
C. Leisure Event
D.
Hallmark
Event
60. Segala bentuk kegiatan yang di dalamnya terlibat anggota keluarga atau teman. Banyak aspek kehidupan masa kini telah merubah bentuk asli kegiatan misalnya pesta ulang tahun, resepsi sunatan, reuni keluarga, arisan dan pesta pernikahan, merupakan jenis event apa…
A. Cultural Event
B. Personal Event
C. Leisure Event
D. Hallmark Event
61. Festival atau karnaval adalah diadakannya acara “Grebeg Besar” setiap tanggal 10 Dzulhijah yang dimeriahkan dengan beberapa prosesi adat, antara lain ziarah ke makam Sultan-Sultan Demak dan Sunan Kalijaga,Pasar Malam Rakyat di Tembiring Jogo Indah,Prosesi Selamatan Tumpeng Sanga (9 tumpeng yang menggambarkan Wali Songo), Sholat Idhul Adha dan juga Penjamasan Pusaka Peninggalan Sunan Kalijaga (Kutang Ontokusuma dan Keris Kyai Cubruk), merupakan contoh event…
A. Personal Event
B. Leisure Event
C. Hallmark Event
D.
Cultural
Event
62. Salah satu tahapan dalam Penyelenggaraan Event Joe Golbatt (2002) planning yaitu…
A. Tahap dimana penyelenggaraan event ini dapat dilakukan dengan metode review secara menyeluruh atau per-sesi. Tolak ukur menilai keberhasilan penyelenggaraan event dengan menggunakan indikator kuantitatif, seperti jumlah peserta atau undangan yang hadir dan transaksi, sedangkan hasil dari evalusi kualitatif dan diumumkan saat penutupan acara.
B. Tahap ini penekanan diletakkan pada arus proses, koordinasi peserta dan pemecahan masalah jangka pendek. Panitia mulai mengimplementasikan strategi-strategi yang telah disusun, melakukan kegiatan audiensi, komunikasi kepada public, gladi bersih, dan kegiatan-kegiatan pra-event lainnya. Tahap ini bisa dimulai kurang lebih satu setengah bulan menjelang deadline penyelenggaraan event
C.
Tahap
ini panitia mulai merumuskan strategi-strategi yang kemudian siap untuk
diimplementasikan. Pada fase ini pula panitia melengkapi sumber daya yang
diperlukan untuk penyelenggaraan event
D. Tahap ini adalah tahap perumusan tema dan konsep event. Proses ini membutuhkan waktu cukup lama karena terjadi seleksi ide dan konsep event.
63. Yang bukan termasuk dalam elemen-elemen event…
A. When
B. Who
C.
Woy
D. Where
64. Beberapa indikator yang dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan sebuah event yaitu Event yang efektif didasarkan berapa banyak tulisan atau editorial yang didapatkan dari teman-teman media. Semakin banyak tulisan positif yang didapat tentunya semakin efektif event tersebut. Biasanya formula yang digunakan adalah dengan menggunakan Advertising Value Equivalent (AVE), disebut...
A. Brand Switch
B. Sales Target
C. Cost per Head
D.
Media
Value
65. Berkaitan dengan setiap personal yang akan terlibat dalam kegiatan ini, juga berhubungan dengan target sasaran, kelompok usia, jenis kelamin, pendidikan dan gaya hidup merupakan elemen event apa…
A. When
B.
Who
C. Why
D. Where
66. Event yang secara ukuran mampu menarik media untuk meliput, menarik sejumlah pengunjung yang besar dalam kurun waktu periode tertentu untuk menghadiri event tersebut dan memberikan dampak peningkatan ekonomi secara signifikan. Contoh : PRJ (Pekan Raya Jakarta), event berdasarkan jenis ukuran besarnya sebuah acara disebut…
A.
Major
event
B. Mega Event
C. Minor
D. Hallmark Event
67. Event yang sangat besar, memberikan dampak ekonomi yang besar pada masyarakat sekitar atau bahkan pada negara penyelenggara dan diinformasikan serta diliput melalui tayangan berbagai media. Biasanya event ini terselenggara setelah dilakukan Bidding (kompetisi antara beberapa organizer untuk menjadi penyelenggara). Contoh : Piala Dunia, event berdasarkan jenis ukuran besarnya sebuah acara disebut…
A. Major event
B. Hallmark Event
C. Mega Event
D. Minor Event
68. Salah satu tahapan dalam Penyelenggaraan Event Joe Golbatt (2002) Evaluations yaitu…
A. Tahap ini penekanan diletakkan pada arus proses, koordinasi peserta dan pemecahan masalah jangka pendek. Panitia mulai mengimplementasikan strategi-strategi yang telah disusun, melakukan kegiatan audiensi, komunikasi kepada public, gladi bersih, dan kegiatan-kegiatan pra-event lainnya. Tahap ini bisa dimulai kurang lebih satu setengah bulan menjelang deadline penyelenggaraan event
B.
Tahap
dimana penyelenggaraan event ini dapat dilakukan dengan metode review secara
menyeluruh atau per-sesi. Tolak ukur menilai keberhasilan penyelenggaraan event
dengan menggunakan indikator kuantitatif, seperti jumlah peserta atau undangan
yang hadir dan transaksi, sedangkan hasil dari evalusi kualitatif dan diumumkan
saat penutupan acara.
C. Tahap ini adalah tahap perumusan tema dan konsep event. Proses ini membutuhkan waktu cukup lama karena terjadi seleksi ide dan konsep event.
D. Tahap ini panitia mulai merumuskan strategi-strategi yang kemudian siap untuk diimplementasikan. Pada fase ini pula panitia melengkapi sumber daya yang diperlukan untuk penyelenggaraan event
69. Pembagian pembiayaan event berdasarkan urutan waktu pengeluaran biaya dalam sebuah event. Biaya yang dikeluarkan sebelum event dimulai misal : Uang Muka biaya sewa ruang, Biaya Promosi, Biaya Pemasaran, dsb disebut…
A. Cost During Event
B. Cost Variable
C.
Cost
Before Event
D. Cost After Event
70. Hal yang perlu ditelaah sebelum mengadakan Event/kegiatan antara lain kecuali…
A. Faktor kebersihan dan keamanan
B.
Tamu undangan
C. Tempat (venue)
D. Waktu pelaksanaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar